Friday 1 August 2014

Hacker Bisa Ngintip Kamu mandi di Hotel

Keamanan internet untuk ruang hotel harus diperhatikan. Ada beberapa kerentanan yang bisa ditemukan, di mana sistem keamanan dianggap lemah sehingga kendali ruangan kamar hotel bisa diretas seperti lampu, TV dan tirai jendela.

Dilansir Digitaltrends, Kamis (31/7/2014), mekanisme pintu kamar hotel tetap aman, tetapi kontrol lampu, TV, thermostat dan tirai jendela bisa diretas. "Saya bisa mengubah setiap saluran di setiap kamar sehingga semua orang bisa menonton sepakbola dengan saya," kata Jesus Molina, penggiat hacking asal Spanyol.

Ia berbicara kepada Wired tentang beberapa kerentanan yang ia temukan dan berencana untuk hadir di sebuah konferensi keamanan Black Hat bulan depan. Kunci untuk melakukan hack ialah melalui aplikasi 'digital butler' yang berjalan di iPad dan standar komunikasi yang telah tua, dinamakan KNX

Ini membuat tamu bisa mengontrol beberapa peralatan di kamar hotel mereka dan bisa juga diambil alih oleh seseorang yang berada di kamar sebelah atau di lobi. Bila virus Trojan Horse telah terpasang, maka aplikasi ini bisa mengendalikan peralatan kamar hotel.

"Para tamu membuat asumsi bahwa saluran yang mereka gunakan untuk mengontrol perangkat di kamar mereka aman. Saya tidak harus di hotel untuk melakukan apa yang saya lakukan. Saya bisa melakukannya dari mana saja," jelas Molina.

Molina menceritakan, ia mempraktekan kerenantan di sebuah hotel bintang lima St Regis di Shenzhen, China. Molina percaya sistem yang sama juga terpasang di berbagai lokasi di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

Related Posts

Hacker Bisa Ngintip Kamu mandi di Hotel
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.